Home » Berita » BPS Sulawesi Tenggara Bakal Latih Agen Pojok Statistik UHO Kendari, Beri Pengetahuan Mahasiswa

BPS Sulawesi Tenggara Bakal Latih Agen Pojok Statistik UHO Kendari, Beri Pengetahuan Mahasiswa

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menghadirkan puluhan agen di Pojok Statistik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Tujuan didirikan Pojok Statistik di UHO Kendari adalah untuk mendekatkan layanan BPS kepada masyarakat utamanya di perguruan tinggi.

Fungsional Pranata Komputer Ahli Madya BPS Provinsi SultraFatchur Rochman mengatakan dalam mendukung Pojok Statistik tersebut pihaknya menghadirkan agen statistik.

Katanya, ke depannya BPS akan memberikan pelatihan kepada agen dalam waktu dekat ini, di mana pesertanya merupakan mahasiswa. “Nantinya kami akan memberikan pelatihan kepada mahasiswa setidaknya mereka tahu minimal apa yang menjadi layanan di BPS,” katanya pada Senin (10/10/2022).

Hadirnya Pojok Statistik untuk memudahkan di bidang akademik utamanya mahasiswa apabila ada penelitian seperti skripsi, tesis maupun desertasi dan lainnya. “Pada Hari Statistik Nasional, kami juga bekerja sama dengan pihak kampus utamanya dosen untuk proaktif dalam memberikan konsultasi gratis. Jadi mereka bisa konsultasi langsung,” pungkasnya. Untuk diketahui, pendirian Pojok Statistik merupakan kolaborasi antara BPS Sultra bersama UHO Kendari. Secara umum, Pojok Statistik merupakan layanan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dan Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BPS dalam penyebarluasan ragam dan manfaat produk statistik yang dihasilkan oleh BPS di lingkungan perguruan tinggi. Melalui Pojok Statistik, diharapkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan perguruan tinggi meningkat. Semakin tingginya kebutuhan dunia pendidikan akan statistik, mendorong BPS, Forum Statistik (Forstat) dan Ikatan Statistisi Indonesia (ISI) untuk menjalin kerja sama. Kerja sama ini melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pada 23 Juli 2021.

MoU ini menjadi payung hukum baru bagi Pojok Statistik, memperkuat kolaborasi BPS dan perguruan tinggi melalui Forstat dalam perluasan serta penguatan penyelenggaraannya.

Sumber: https://sultra.tribunnews.com/2022/10/10/bps-sulawesi-tenggara-bakal-latih-agen-pojok-statistik-uho-kendari-beri-pengetahuan-mahasiswa


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dr. Gusti Ngurah Adhi Wibawa, S.Si., M.Si. (Koordinator Prodi Statistika)

Categories